Breaking News

Dengan Tips Berikut, Capailah Target Keuangan di Setiap Jenjang Usia


Dalam kehidupan, seseorang tentunya menjalani masa-masa dalam kehidupan. Berawal dari masa kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, berkeluarga, memiliki anak dan cucu, hingga nantinya meninggal.
Tentunya masa-masa tersebut memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda satu sama lainnya.

Selain itu, setiap satu masa berjalan tentu saja membutuhkan biaya untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada. Karena itu, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat dalam setiap fase-fase kehidupan.

Nah, berikut ini beberapa tips cerdas yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan target keuangan yang sesuai dengan usia. 

1. Usia 20-an: Saatnya Mulai Persiapan

Pada masa lajang ini, banyak orang yang berpikir jika tidak ada banyak tanggungan yang harus dipenuhi dalam hidup. Namun, pada masa ini, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana arti kerja keras sesungguhnya. 
Bekerja dari siang hingga malam hari adalah hal yang wajar Anda lakukan untuk bisa menabung guna mendapatkan kebebasan finansial pada masa yang akan datang. Mungkin ketika pertama kali mendapatkan gaji, Anda akan berpikir bagaimana cara menghabiskannya.

Namun, pada usia seperti inilah, Anda sebaiknya harus memahami bagaimana cara mengendalikan pengeluaran yang baik.
Anda juga perlu mempersiapkan keuangan untuk momen-momen pada masa yang akan datang, seperti melanjutkan pendidikan, melangsungkan pernikahan, dan masih banyak lainnya.
Karena itu, pada masa lajang ini, akan lebih baik jika Anda banyak mengalihkan uang ke dalam rekening tabungan.
Untuk mempermudah kegiatan menabung yang dilakukan, alangkah baiknya pisahkan antara rekening tabungan dan rekening pribadi.

Jika Anda memiliki kartu kredit, ada baiknya berhati-hati ketika menggunakannya. Gunakan dengan bijak dan memang sesuai dengan kebutuhan.  
Mulai persiapkan dana darurat untuk kondisi yang memang mendadak dan darurat membutuhkan uang. Selain itu, tidak ada salahnya pula untuk mulai mempersiapkan dana pensiun selagi usia masih muda.

2. Usia 30-an : Siapkan Proteksi dan Investasi

Biasanya menjelang usia ini sudah banyak orang-orang yang menikah. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin sudah banyak yang punya anak. Untuk itu, target keuangan yang cocok untuk usia ini adalah mulai mempersiapkan asuransi untuk anak-anak.

Hal ini sebagai bentuk perlindungan sehingga masa depan anak-anak dapat terjamin dengan baik. Anda bisa mempersiapkan asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, hingga asuransi harta benda untuk anak-anak Anda kelak. Tak hanya asuransi, Anda juga bisa melakukan investasi.

Saat ini banyak sekali produk investasi yang dapat memberikan keuangan. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

3. Usia 40-an: Tingkatkan Nilai Tabungan dan Investasi

Memasuki usia 40-an, Anda sebaiknya mulai meningkatkan nilai tabungan dan investasi setiap tahunnya. Hal ini guna mempersiapkan masa pensiun Anda kelak. Untuk itu, pastikan jika setoran tabungan dan investasi meningkat sesuai dengan peningkatan pendapatan.
Lakukan evaluasi mengenai jumlah asuransi jiwa yang akan Anda ambil, apakah jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan nantinya.

Jika semua kebutuhan dasar dalam keluarga sudah terpenuhi, Anda bisa mulai mengalokasikan keuangan ke tujuan lainnya, misalnya pernikahan anak atau naik haji.

4. Usia 50-an: Pastikan Utang Lunas dan Dana Pensiun Aman

Usia 50-an dapat dikatakan menjadi usia di mana Anda mulai menantikan masa-masa pensiun yang akan tiba.
Pada usia ini, Anda harus kembali mengecek saldo dana pensiun yang terakhir. 
Hal ini berguna untuk evaluasi dan merevisi jika dana yang dikumpulkan masih jauh dari target.


Pastikan jika segala cicilan, seperti cicilan KPR, sudah lunas sebelum masa pensiun tiba. Anda juga dapat mulai mengambil produk asuransi kesehatan.

5. Usia 60-an ke Atas:

Pada usia ini, sebagian besar orang mungkin telah masuk ke masa pensiun. Dengan begitu, Anda bisa mulai mengajukan klaim untuk dana pensiun dari program asuransi yang dimiliki.

Biasanya dana pensiun yang diberikan adalah seluruh total dari dana pensiun yang ada. Anda hanya tinggal mengambil sesuai dengan kebutuhan ataupun menginvestasikan sisanya untuk memberi pemasukan lainnya.

6. Setiap Usia Memiliki Kebutuhan yang Berbeda

Setiap jenjang usia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga kondisi keuangan satu sama lainnya juga akan berbeda.
Untuk itu, pastikan Anda sudah mengetahui target keuangan yang tepat dan sesuai dengan usia. 

Dengan begitu, Anda akan mudah menentukan strategi keuangan untuk setiap jenjang usia Anda.


sumber : http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/18/120000626/dengan-tips-berikut-capailah-target-keuangan-di-setiap-jenjang-usia-

Tidak ada komentar