Breaking News

Ramen Berkuah Biru dari Jepang Kembali Jadi Sensasi Dunia Maya



Tokyo - Ramen berkuah biru sudah populer beberapa tahun lalu. Tetapi restoran Kipposhi di Tokyo kembali membuat ramen biru populer.

Kreasi ramen biru buatan Kipposhi jadi viral di media sosial seperti Instagram. Meski sekilas warna biru terlihat aneh, orang-orang justru penasaran mencobanya.

Dikutip dari Oddity Central (19/2), ramen biru ini bernama Clear Chicken Soup 'Blue.' Menu ini diciptakan pemilik Kipposhi yaitu Mr Kozuimi pada Januari 2017. 


Kozuimi lalu mengunggah foto menu buatannya ke Instagram. Tak disangka, respon netizen sangat besar sampai-sampai restorannya yang belum lama berdiri masuk dalam salah satu spot yang patut dikunjungi saat ke Tokyo.

Warna biru kuah ramen kabarnya terinspirasi cantiknya laut Hawaii. Kozuimi memakai kaldu ayam sebagai bahan dasarnya, namun menggunakan teknik kuno China ia berhasil membuat kaldu jadi bening.

Teknik tersebut bernama Chintan, prosesnya termasuk merebus kaldu dengan daging cincang yang mampu menyerap partikel yang sebabkan warna kuah kaldu keruh. Hasil akhirnya kaldu berwarna biru bening menyerupai air laut. 


Banyak orang penasaran bahan apa yang dipakai Kozuimi untuk menghasilkan warna biru. Ia tidak mau membuka rahasianya, namun menjamin warna biru seluruhnya dibuat dari bahan alami. Tanpa pewarna makanan atau bahan tambahan pangan.

Meski begitu, banyak orang menduga Kozuimi memakai Pyocyanin, pigmen natural yang diekstrak dari alga spirulina. Di Jepang, bahan ini dikenal bernama 'Lina Blue' dan banyak dipakai untuk pewarna dessert, es krim dan minuman. 


Sebelumnya ramen biru sudah dihadirkan restoran Nipponbashi di Tokyo. Mereka menamai menunya Lina Blue Cooled. Sayangnya kala itu Instagram belum terlalu populer sehingga menu rame birunya tidak se-viral buatan Kipposhi kini.

Nah, kalau ke Tokyo, para foodies sempatkan mampir ke sini. Dimana lagi mendapat ramen sedap berwarna cantik? 


sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-3875910/ramen-berkuah-biru-dari-jepang-kembali-jadi-sensasi-dunia-maya

Tidak ada komentar