Breaking News

4 Pengusaha Sukses yang Merintis Bisnis dari Nol


bisnis family dan dimodali orang tua. Kedua, mereka yang mengawali usaha dari nol. Sederet pengusaha telah memperlihatkan bahwa mereka dapat membangun bisnis berhasil dengan merintisnya dari bawah. Namun sepertinya barisan nama saja belum lumayan meyakinkan semua calon pebisnis lainnya guna segera mengawali usaha. Masih tidak sedikit orang yang membatalkan niatnya guna menjadi pebisnis sebab menyimpan segudang keraguan.

Kalau anda termasuk salah satunya, usahakan simak baik-baik cerita 5 pengusaha berhasil yang merintis bisnis dari nol ini. Dengan begitu, anda yang inginkan menjajal dunia bisnis dapat tahu dan terinspirasi dengan perjalanan panjang yang mereka lalui sebelum meraih kesuksesan seperti ketika ini. Yuk, disimak supaya anda semakin yakin berbisnis!

1. Chairul Tanjung

Mungkin tidak sedikit yang tak tahu bahwa ‘Si Anak Singkong’ ini pernah menikmati pahitnya kehidupan sebelum berhasil dengan perusahaan konglomerasi miliknya, CT Corp. Saat ia kecil, usaha ayahnya merasakan kebangkrutan sampai keluarganya mesti bermukim di sebuah lokasi tinggal kontrakan. Orang tuanya pun kendala untuk menunaikan uang kuliah Chairul di Fakultas Kedokteran Gigi UI. Melihat urusan ini, naluri bisnisnya muncul, dan ia mulai membuka usaha potret kopi di kampus UI seraya berjualan kitab stensilan dan kaos. Meski tadinya jatuh bangun, ia tak pernah menyerah dan tidak jarang kali tekun menjalani bisnis hingga akhirnya berhasil menjadi di antara orang terkaya di Indonesia.

2. Bob Sadino

Bob Sadino adalahsalah satu misal pengusaha berhasil yang pontang-panting dalam merintis bisnis. Bob menyatukan tekad menjadi pengusaha ketika sudah 9 tahun bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Ia mulai dengan bisnis sewa mobil sampai menjadi buruh bangunan. Semua bisnis itu harus jatuh bangkrut sebab kecelakaan yang dialaminya. Namun Bob tidak menyerah hingga di situ. Dengan berutang untuk tetangganya, Bob berjualan telur ayam negeri dan menjual produknya dari pintu ke pintu. Berkat keuletannya, mendiang Bob sukses menegakkan supermarket yang menjual sekian banyak  produk peternakan dan pertanian, Kem-Chicks.

3. Gibran Rakabuming

Nama Gibran Rakabuming memang dikenal sebagai putra dari Joko Widodo, Presiden RI yang sebelumnya berprofesi sebagai pebisnis. Meski sang ayah mempunyai bisnis sukses, Gibran enggan numpang tenar dengan nama besar ayahnya. Gibran mengawali bisnisnya dari bawah dengan meminjam uang untuk bank. Pengajuannya sempat ditampik sebanyak tujuh kali, tetapi Gibran terus berjuang hingga kesudahannya ia menemukan pinjaman modal dari di antara bank. Dari situ, ia membina usaha katering mempunyai nama Chili Pari. Awalnya ia melulu melayani pesanan partai kecil, namun sekarang Chili Pari telah sukses mendapat pesanan sampai ribuan porsi. Gibran pun pun mulai merambah ke bisnis kuliner lainnya.

4. Susi Pudjiastuti

Meski melulu mengantongi ijazah SMP, kesuksesan Susi dalam bisnisnya di bidang perikanan dan penerbangan menciptakan beliau dirasakan layak guna menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ketika ini. Susi memilih guna berhenti sekolah sebelum lulus SMA dan berpindah menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Bermodalkan Rp 750 ribu dari hasil memasarkan perhiasannya, Susi mulai melakukan pembelian ikan dari lokasi pelelangan dan memasarkannya ke sebanyak restoran. Bisnisnya semakin berkembang dari tahun ke tahun, sampai akhirnya ia meminjam sebanyak uang ke bank untuk melakukan pembelian pesawat yang dipakai sebagai pengangkut produk lautnya. Dari situ, perempuan kelahiran 1965 ini merambah bisnis pesawat dengan membina maskapai Susi Air yang melayani rute pedalaman.

Tidak ada komentar