Breaking News

6 Tips Kembangkan Travel Startup


Pergi traveling memang sesuatu yang menyenangkan, namun menghabiskan tidak sedikit uang. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang tidak ambil pusing dan masih pergi travelling mendatangi tempat-tempat yang mereka suka. Dari sekian tidak sedikit perkakas sekitar traveling, teknologi ialah salah satu yang jangan dilupakan. Pasalnya, teknologi sangat menolong selama perjalanan.

Teknologi yang ada ketika ini paling bagus dimanfaatkan guna menjalankan travel startup. Adanya travel startup pasti saja mempermudah para traveler dalam menggali paket perjalanan yang pas bikin mereka. Namun, banyaknya startup travel yang beda menjadi kendala tersendiri dalam bisnis ini. Lalu, bagaimana tipsnya kembangkan travel startup supaya berbuah kesuksesan?

1. Mengenali Pangsa Pasar

Langkah kesatu yang mesti diketahui ialah mengenal siapa pangsa pasarnya. Apakah tersebut traveler remaja, dewasa, atau orang tua. Kalangan traveler seringkali datang dari seluruh usia. Namun, traveler terbanyak tetaplah kaum muda. Apalagi mereka yang paling mengagumi alam dan penasaran mengenai alam dan segala isinya.

Para traveler seringkali mencari-cari informasi lewat travel startup di media sosial, seperti Instagram, Snapchat, dan Facebook. Ada pun yang langsung menggali dari mesin penelusuran Google. Pastikan startup kita masuk dalam susunan pencarian untuk mengincar pasar yang lebih luas.

2. Membangun Jaringan

Bisnis travel pasti saja bertolak belakang dengan bisnis lainnya. Entah itu dari sisi biaya, pangsa pasar, ataupun destinasi bisnis tersebut sendiri. Saat menjalankan bisnis, kita perlu membina jaringan yang bagus, terlebih lagi dengan maskapai penerbangan. Adanya kerja sama dengan maskapai penerbangan sangat menolong untuk menemukan tiket murah.

Setiap maskapai penerbangan mempunyai penawaran unik bersangkutan harga tiket pesawat. Banyak pun maskapai yang menyerahkan bonus tiket penerbangan bilamana suatu perusahaan startup menjangkau target yang ditentukan.

3. Jadi yang Paling Unik

Ada tidak sedikit travel startup yang tersebar di Indonesia. Banyak pula yang menawarkan kemudahan untuk memanjakan semua konsumen, termasuk meluangkan layanan dan komunikasi berbasis internet. Jika perusahaan travel startup kepunyaan Anda hendak berkembang pesat, jadilah yang sangat unik.

Menjadi yang terunik memang tidak banyak sulit. Pasalnya, Anda mesti teliti menyaksikan para pesaing. Jika tidak, travel startup kepunyaan Anda bisa-bisa tidak berkembang dan menelan kerugian. Keunikan yang dimiliki dapat dari segi pelayanan, layanan konsumen, dan teknik pembayaran. Intinya, tawarkan yang sedikit bertolak belakang yang tidak ditawarkan travel startup pesaing.

4. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Setiap konsumen memiliki keperluan yang berbeda-beda. Ada yang melulu mencari tiket pesawat, ada pun yang menggali tempat penginapan, tiket kereta, dan lain-lain. Walaupun berstatus travel startup bukan berarti bila bisnis yang dijalankan melulu sebatas penjualan tiket pesawat. Faktanya, Anda dapat menjalankan bisnis rangkap yang terdapat kaitannya dengan paket perjalanan.

Di samping itu, kita juga dapat sedikit menyeleweng dari bisnis travel startup. Misalnya, meluangkan pembayaran token listrik, telepon, internet, pulsa, dan kartu perdana. Meskipun menyeleweng, tidak sedikit pebisnis yang mengerjakan hal ini untuk meningkatkan keuntungan.

5. Tawarkan Tempat yang Menarik

Tiket perjalanan keliling Asia menjadi yang sangat populer sejumlah bulan terakhir. Penjualan tiket penerbangan ke Asia tidak melulu menarik minat traveler, tapi pun orang tua dan anak remaja yang hendak menghabiskan liburannya.

Setiap traveler pasti hendak mengunjungi tempat-tempat eksotis, benar tidak? Untuk unik minat konsumen, kerjakan pencarian mengenai tempat unik yang ditawarkan di masing-masing negara. Setelah itu, satukan tempat-tempat menarik tersebut dalam satu paket guna menambah kemauan konsumen guna memilih paket tersebut.

Jangan tak sempat untuk memutuskan harga yang terjangkau. Artinya, tidak terlampau mahal, cocok dengan fasilitas, dan akomodasi yang akan diperoleh selama perjalanan.

6. Promosi di Media Sosial

Media sosial menjadi teknik ampuh guna mengembangkan bisnis travel startup. Seperti yang telah dilafalkan di atas, Instagram, Snapchat, ataupun Facebook menjadi yang terlaris. Akan tetapi, kita juga dapat memperluas promosi melewati sosial media lainnya, laksana Twitter dan Blog Pribadi.

Agar promosi semakin berhasil, tidak boleh ragu untuk menyusun komunitas atau grup yang dipenuhi para traveler. Undang teman-teman kita di media sosial guna bergabung di grup yang kita buat. Setiap informasi mengenai paket murah, diskon tiket penerbangan, dan penginapan dapat di-posting di grup tersebut.

Dengan begitu, mereka yang hendak liburan dapat mendapatkan informasi up to date tentang tujuan liburan dan kisaran ongkos yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar