Breaking News

Beberapa Manfaat Berdoa untuk Kesehatan


Tak melulu untuk menambah keimanan, berdoa pun mempunyai segudang guna lain untuk kesehatan jasmani maupun jiwa. Anda pasti pernah merasakannya, sesaat sesudah berdoa, kita merasa jauh lebih tenang dan seolah dapat menghadapi seluruh masalah. Dilansir sekian banyak  sumber, inilah enam kekuatan spektakuler berdoa guna kesehatan:

1. Hidup lebih lama

Laporan yang dimuat di Health Psychology pada September 2015 mengejar bahwa pada 191 orang yang menderita tidak berhasil  jantung, mereka yang spiritual—dan pun menerapkan gaya hidup sehat—hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lain.

2. Lebih optimis

Penderita depresi atau penyakit kronis yang melakukan kegiatan religius masing-masing harinya, diadukan menjadi lebih optimis dibanding rekan-rekannya yang lain. Studi berhubungan ini dipublikasikan di Depression and Anxiety pada Juli 2015.

3. Melawan candu

Berdasarkan keterangan dari penelitian yang diterbitkan di Journal of Reward Deficiency Syndrome pada Juni 2015, berdoa masing-masing hari tampaknya dapat menangkal pencandu narkoba maupun alkohol guna kembali memakai substansi-substansi tersebut.

4. Tekanan darah stabil

Studi yang dilaksanakan oleh National Instituted of Health mengejar bahwa orang yang berdoa masing-masing hari mempunyai risiko 40% lebih rendah terpapar hipertensi dibanding mereka yang tidak teratur berdoa.

5. Lebih bahagia

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketika berdoa, benak akan mencungkil hormon oksitosin yang menciptakan orang merasa lebih bahagia. Perasaan ‘Aku dapat bergantung untuk sesuatu guna melindungiku’ ketika berdoa pun membuat orang merasa nyaman.

6. Berpikir jernih

Berdoa dan meditasi efektif guna menurunkan reaktivitas terhadap kejadian-kejadian traumatis dan negatif. Ini sebab saat berdoa, orang akan konsentrasi dengan pikiran-pikiran di luar dirinya. Di samping itu, berdoa melibatkan korteks prefrontal, unsur dari benak yang mengatur faedah eksekutif – misalnya, pengendalian diri – dan menciptakan orang lebih dapat mengambil keputusan yang baik.

Manfaat berdoa dan kaitannya dengan otak

Berdasarkan keterangan dari Andrew Newberg, ketua riset di Marcus Institute of Integrative Health, guna berdoa paling bersangkutan dengan otak. Ia menuliskan bahwa berdoa memanfaatkan area benak yang dipakai untuk membaca, berbicara, dan berpikir, namun dengan teknik yang lebih kompleks.

“Konsepnya begini, kian sering Anda pakai otak, maka akan kian baik kegunaannya dan Anda kian dapat menangkal penuaan dan demensia. Otak dan tubuh kita dibuat untuk digunakan, dan kian sering anda menggunakannya, anda akan menjadi lebih baik,” jelasnya, dikutip Tonic Vice.

Menggunakan benak dengan sering pun dapat meminimalisir stres. “Stres, laksana yang anda tahu dominan  negatif guna tubuh,” kata Newberg. Penurunan stres ini menciptakan peradangan dalam tubuh ikut menciut sehingga tubuh juga lebih sehat.

Menariknya, guna praktik spiritualitas tak hanya dapat dicapai oleh mereka yang religius. Newberg menuliskan bahwa andai Anda seorang ateis dan Anda mengerjakan meditasi, barangkali akan merasakan guna yang sama dengan orang religius yang teratur melakukan kegiatan keagamaan.

Di samping berdoa, Anda pun tak boleh melupakan hal-hal lainnya supaya tubuh tidak jarang kali sehat. Konsumsi makanan bergizi sebanding sangatlah urgen untuk menciptakan pikiran lebih bening dan tubuh lebih bugar. Tidur yang lumayan pun mesti menjadi prioritas sebab membantu mengasah otak. Begitu pun dengan olahraga, lakukanlah paling tidak lima kali seminggu. Dengan demikian, guna yang Anda bisa dari berdoa jadi tak sia-sia!

Tidak ada komentar