Breaking News

Lakukan Hal Ini Agar Rumah Idaman Selalu Bersih dan Rapi


Siapa yang tidak ingin memiliki hunian yang bersih, rapi dan nyaman? Semua orang tentu ingin memiliki rumah yang selalu tampak bersih, terjaga keasrian nya dan selalu rapih. Memiliki tempat tinggal yang rapi dan bersih akan memberikan perasaan yang nyaman dan aman saat tinggal. Terlebih lagi, rumah merupakan tempat tinggal yang setiap hari digunakan untuk beristirahat, berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga. Suatu hunian akan lebih rapi dan bersih apabila selalu dibersihkan. 

Tak sedikit orang terlalu malas untuk membersihkan rumah. Misalnya saja, Anda memiliki seorang anak yang memiliki kepribadian malas, biasanya anak tersebut sangat jarang untuk membersihkan tempat tidurnya. Salah satu faktor agar rumah nyaman untuk ditinggali yaitu dengan rajin membersihkan dan merapikan setiap ruangan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar rumah Anda terasa lebih bersih dan nyaman saat ditinggali. Anda bisa lakukan beberapa hal dibawah ini supaya rumah terasa lebih bersih dan nyaman untuk dihuni. 

  • Hal Simpel Ini Perlu Dilakukan Lho! 
Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah terasa lebih bersih, rapi dan nyaman untuk ditinggali. Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang berat setiap hari. Anda bisa memulainya dengan melakukan beberapa hal simpel yang bisa dilakukan oleh semua orang. Anda bisa mulai dari mencuci piring, membuang sampah pada tempatnya, mengembalikan barang ke tempat semula hingga membersihkan kamar. 

Untuk mencapai sesuatu yang besar bisa Anda lakukan dari hal-hal yang kecil. Anda bisa mengumpulkan niat yang kuat agar lebih bersemangat dalam menjalankan suatu hal. Misalnya saja Anda ingin memulai untuk mencuci piring. Mencuci piring merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Sebaiknya Anda jangan menunda-nunda pekerjaan. Menunda pekerjaan seperti setelah makan, piring tidak langsung dicuci. Selain dapat menambah beban pekerjaan, melihat pekerjaan mencuci piring yang banyak bisa meningkatkan rasa malas Anda. 

  • Membuang Barang yang Tidak Dibutuhkan 
Selain memulai dari hal yang sederhana, hal yang perlu Anda lakukan agar rumah terasa bersih dan rapi adalah membuang barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi. Misalnya, Anda sangat mencintai baju yang Anda miliki. Padahal baju tersebut sudah tidak muat untuk dikenakan. Sebaiknya, Anda mulai memilah-milah baju yang tidak diperlukan atau tidak sesuai dengan ukuran Anda. 

Setiap orang tentu akan tumbuh baik menjadi lebih tinggi atau lebih besar. Menumpuk baju-baju yang sudah tidak terpakai bisa membuat rumah Anda penuh dengan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Anda bisa menumpuk atau memisahkannya di gudang. Selain itu, Anda juga bisa memberikan baju-baju yang sudah tidak muat tersebut ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Selain bisa membuat hunian Anda menjadi lebih rapi, hal tersebut bisa dilakukan untuk membantu orang lain. 

  • Rutin Membersihkan Kamar Mandi 
Suatu rumah bisa dikatakan sebagai rumah yang bersih, sehat dan nyaman yaitu dengan melihat kamar mandinya. Kamar mandi menjadi salah satu penentu kebersihan dari suatu tempat tinggal. Rumah yang memiliki kamar mandi yang bersih biasanya penghuninya akan sehat-sehat. Membersihkan kamar mandi dengan rutin sangat penting untuk dilakukan. Karena kamar mandi menjadi faktor kesehatan utama dalam keluarga. 

Hunian yang memiliki kamar mandi yang kotor, tidak rutin dibersihkan akan membuat kamar mandi tersebut penuh dengan kuman. Hal tersebut bisa membuat penghuni rumah tersebut terserang penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kamar mandi yang kotor yaitu diare, typus, hepatitis A, hingga infeksi Streptococcus. Anda bisa membersihkan kamar mandi minimal satu minggu sekali menggunakan cairan pembersih. Hal tersebut dilakukan supaya kuman-kuman mati. 

  • Mengatur Sirkulasi Udara 
Salah satu cara agar rumah terasa bersih dan rapi yaitu dengan mengatur sirkulasi udara secara teratur. Mengatur sirkulasi udara sangat penting dilakukan supaya rumah tetap terjaga udaranya. Anda bisa mengatur sirkulasi udara dengan cara membuka jendela secara teratur pada saat pagi hari dan menutup jendela pada sore atau malam hari. Mengatur sirkulasi udara dengan membuka jendela pada pagi hari dimaksudkan untuk menukar udara bersih dan udara kotor. Pada malam hari, udara-udara yang masuk kedalam rumah sebagian besar adalah udara kotor. Karena sudah tercampur oleh polusi. Sehingga Anda bisa membuka jendela pada pagi hari untuk menghilangkan udara kotor tersebut dan diganti dengan udara bersih pagi hari. 

Selain mengatur udara dengan baik, aktivitas membuka jendela pada pagi hari bisa membuat cahaya matahari masuk dan menyinari rumah. Sehingga hunian Anda tidak terasa lembab. Hunian yang selalu tertutup, tidak sering mengatur sirkulasi udara akan membuat ruangan terasa lebih lembab. Ruangan yang lembab bisa menumbuhkan jamur-jamur sehingga ruangan tersebut tidak sehat. Selain itu, ruangan yang lembab biasanya akan tercium bau apek dan tidak mengenakkan. Anda bisa melihat berbagai macam tips menjaga rumah agar bersih dan rapi lebih banyak di www.rumah.com. 

Tidak ada komentar